• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

“Talkshow Lensa Sergai” Rahabilitasi Penyalahguna dan Pecandu Narkoba

diskominfo      0

“Talkshow Lensa Sergai” Rahabilitasi Penyalahguna dan Pecandu Narkoba

Sei Rampah,

Talkshow “Lensa Sergai” yang hadir setiap hari Senin-Jumat selama 1 (satu) jam melalui gelombang 92,5 Mhz Radio Sergai FM, hari ini mengundang Badan Narkotika Nasional Kabupaten Serdang Bedagai (BNNK Sergai) di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (29/3).

Bertemakan “Rahabilitasi Penyalahguna dan Pecandu Narkoba”, talkshow hari ini mendatangkan seorang Psikolog Seksi Rahabilitasi BNNK Sergai Heriyanto,S.Psi,M.Psi.

Megawali talkshow, Heriyanto menjelaskan tugas BNNK adalah Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dengan tujuan untuk mencapai outcome pengurangan supply dan demand, jelasnya.

“Berdasarkan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika bahwa Rehabilitasi dibagi menjadi dua  yaitu rehabilitasi medis dan sosial. Secara umum proses rehabilitasi merupakan kegiatan pemulihan baik medis maupun sosial untuk membebaskan pecandu dari ketergantungan narkoba agar dapat kembali melaksanakan fungsi pribadi dan sosial dalam kehidupan sehari-hari, papar Heriyanto.

Lebih lanjut Heriyanto mengatakan, saat ini di Kabupaten Sergai sendiri telah terdapat beberapa fasilitas rehab medis dan sosial. Klinik rawat jalan di RSUD Sulaiman, klinik Pratama di BNNK Sergai dan beberapa lembaga rehabilitasi milik komponen masyarakat yang beroperasi di beberapa Kecamatan di Kabupaten Sergai dan telah bekerjasama dengan BNNK Sergai, katanya.

Selanjutnya dijelaskan Heriyanto, bagi pecandu dan keluarga pecandu wajib melaporkan diri dan keluarganya jika terindikasi menyalahgunakan narkoba. Pecandu maupun keluarganya dapat melaporkan ke Instansi Penerima Wajib Lapor (IPWL) yang berada di BNNK Sergai ataupun di Puskesmas Desa Paya Lombang Kecamatan Tebing Tinggi. Selanjutnya, IPWL akan merencanakan program terapi rehabilitasi medis dan sosial di fasilitas rehabilitasi yang ditunjuk, ungkapnya.

Diakhir talkshownya Heriyanto mengatakan, rehabilitasi merupakan suatu proses pemulihan pecandu dari adiksi narkoba. Adiksi narkoba ini merupakan penyakit otak yang bersifat kronis dan kambuhan, sehingga prosesnya seumur hidup bagi pecandu. Pemulihannya membutukan niat dan usaha dari semua pihak. JAGA DIRI dan KELUARGA ANDA dari BAHAYA NARKOBA, pesan Heriyanto.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender