• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

“Talkshow Lensa Sergai” Panwaslih Sergai : Bersama Rakyat Awasi Pemilu

diskominfo      0

“Talkshow Lensa Sergai” Panwaslih Sergai : Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Sei Rampah,

Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) berkesempatan melakukan live talkshow “Lensa Sergai” di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (28/3). Bertema “Bersama Rakyat Awasi Pemilihan Umum (Pemilu)”, dengan narasumber adalah Ketua Panwaslih Sergai Agusli Matondang, SH.

Menurut Undang-undang (UU) Nomor 1 Tahun 2015 yang diubah menjadi UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam penyelenggaraan Pemilu, antara lain masyarakat dapat ikut serta dalam melakukan pengawasan di setiap tahapan pemilu, mengikuti sosilisasi pemilu, pendidikan politik maupun survei/jejak pendapat tentang pemilu hingga ikut serta pada saat perhitungan cepat hasil pemilu, jelas Ketua Panwaslih Sergai Agusli Matondang, SH.

Agusli menambahkan, selama masyarakat maupun partisipan tidak berpihak pada salah satu pasangan calon tertentu dan tidak mengganggu proses pemilu nantinya, maka hal ini akan menjadi atmosfir positif untuk menyukseskan pemilu yang damai, tertib dan lancar, uangkapnya.

Adapun beberapa pelanggaran yang sering terjadi pada saat proses pemilu meliputi pelanggaran etik, administrasi dan pidana. Penanganan pelanggaran terkait pemilu akan dilaporkan kepada Gakumdu. Gakumdu Pemilu dibentuk sebagai forum bersama yang terdiri dari pengawas pemilu, kepolisian dan kejaksaan. Forum tersebut bertugas membahas kasus-kasus pelanggaran pidana pemilu. Tujuannya, agar proses penanganan kasus pidana pemilu lebih mudah dan cepat diselesaikan, ucap Agusli.

Kemudian Agusli menyatakan dengan tegas untuk “Tolak Politk Uang!!”. Hal ini akan menjadi ancaman pidana bagi pemberi dan penerima, karena akan dikenai sanki pidana sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga masyarakat harus sangat berhati-hati menyikapinya. Selain itu, kampanye hitam (negatip) yang marak terjadi di medai sosial, apabila terdapat pelanggaran di dalamnya, maka dapat dilaporkan ke Panwaslih selama dengan bukti-bukti yang benar, jelasnya.

“Harapan kami kepada masyarakat Sergai, marilah bersama-sama melakukan pengawasan pemilu mulai tahap awal hingga akhir guna menciptakan pemilu yang tertib, aman dan adil”, kata Agusli diakhir talkshownya.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender