• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

“Talkshow Lensa Sergai” Dinas Satpol PP Sergai Bentuk Satlinmas

diskominfo      0

“Talkshow Lensa Sergai” Dinas Satpol PP Sergai Bentuk Satlinmas

Sei Rampah,

Talkshow “Lensa Sergai” mengundang Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Serdang Bedagai (Satpol PP Sergai) merupakan nomenklatur baru yang terbentuk pada tahun 2017. “Disiplin Adalah Nafasku, Tetap Semangat Lakukan yang Terbaik dan Jaga Kekompakan” menjadi Motto dari Kepala Dinas (Kadis) Satpol PP Sergai Drs. Fajar Simbolon, M.Si.

Mengawali talkshow dengan sapaan hangat kepala seluruh pendengar siaran “Lensa Sergai”, di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat (23/3).

Disamping melaksanakan penegakan peraturan daerah dan penyelenggaraan ketertiban umum dan kententraman masyarakat, Dinas Satpol PP Sergai turut menyelenggarakan perlindungan masyarakat sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Sergai Nomor 3 Tahun 2018, jelas Kadis Satpol PP Sergai Drs. Fajar Simbolon, M.Si.

Fajar menyatakan, salah satu bentuk agenda rutin instansinya adalah melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) liar. Mayoritas PKL tersebut ditertibkan karena melanggar aturan tentang larangan berjualan di fasilitas umum dan saluran air, termasuk di trotoar, yang sudah pasti mengganggu masyarakat lainnya sehingga harus ditertibkan. Selain itu, penertiban Warung Internet (Warnet) untuk melakukan larangan kepada pelajar berseragam sekolah dan pada jam sekolah menggunakan fasilitas tersebut. Tempat hiburan malam seperti cafe, tidak diperkenankan menjual minuman beralkohol dan untuk izin hiburan hajatan yang diadakan oleh masyarakat Sergai tidak boleh melanggar norma-norma berlaku dan mengganggu kenyamanan masyarakat lainnya,  ungkap Fajar.

Selain itu, Kadis Satpol PP juga mengatakan, tahun 2018 akan dibentuk Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas). Satlinmas adalah organisasi yang dibentuk oleh desa/kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat Sergai yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan penanganan bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, dan kegiatan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Sergai, dimana perekrutannya melalui beberapa persyaratan yang telah diatur, paparnya.

Ditambahkan Fajar, bagi Kepala Desa/Lurah agar sesegera mungkin untuk menyampaikan nama-nama anggota Satlinmas yang direkrut melalui Camat masing-masing untuk dikirimkna ke Dinas Satpol PP Sergai, agar kita bisa bersama-sama melaksanakan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat guna mendukung kelancaran pembangunan daerah Kabupaten Sergai, ujarnya.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender