• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Rencana Kerja Tindak Lanjut PPID Kabupaten Serdang Bedagai

diskominfo      0

Rencana Kerja Tindak Lanjut PPID Kabupaten Serdang Bedagai

Sei Rampah, 

Keterbukaan informasi publik  merupakan tuntutan yang tidak bisa dielakkan oleh Badan Publik, termasuk Pemerintah Daerah. Dalam menyelenggarakan tranparansi informasi publik,  Pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Tahun 2018 bertempat di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (28/3).

Rakor yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Sergai Ikhsan, AP yang mewakili Sekretrais Daerah Pemkab Sergai Drs. Hadi Winarno, MM. Turut hadir Sekretaris Kominfo Dra. Hj. Syahriati Lubis, Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik H. Zainal Abidin, S.Pd, para Kepala OPD, Camat, PPID Utama maupun PPID Pelaksana yang mewakili.

Dikatakan Ikhsan, saat membuka rapat, “Kita tidak mau lagi ada OPD yang tidak memahami tentang pentingnya penyediaan informasi publik sesuai dengan peraturan yang berlaku. Karena akibat yang ditimbulkan atas kelalaian dalam penindaklanjutan permohonan informasi nantinya akan bisa dibawa ke ranah hukum”, papar Ikhsan.

Rakor yang membahas tentang rencana kerja PPID Tahun 2018 meliputi klasifikasi informasi yang wajib disediakan bagi publik terdiri dari beberapa antara lain informasi yang  diumumkan secara berkala, diumumkan secara serta merta, tersedia setiap saat, dan informasi yang dikecualikan. Turut disampaikan juga beberapa OPD yang belum mengirimkan Daftar Informasi Publik (DIP) untuk diupload ke website PPID melalui Diskominfo Sergai.

Ditambahkan Ikhsan, jadwal akhir penyerahan DIP tersebut adalah minggu ke-tiga bulan April 2018. Kemudian akan dilanjutkan dengan rapat internal dengan beberapa OPD yang akan disepakati tentang tanggungjawab pemberi informasi yang berkaitan dengan dokumen keuangan daerah, dokumen aset daerah, hingga laporan pertanggungjawaban kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Sergai, ungkapnya.

Selain itu juga Ikhsan mengatakan, Menurut Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2008, informasi publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh pengguna informasi publik baik lembaga, organisasi ataupun masyarakat umum, sehingg kita sebagai PPID di setiap OPD harus mampu menberikan informasi yang diminta sesuai dengan peraturan yang ada, jelasnya.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender