• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

“Live Talkshow” bersama Kemenag Sergai : Keistimewaan Bulan Rajab

diskominfo      0

“Live Talkshow” bersama Kemenag Sergai : Keistimewaan Bulan Rajab

Sei Rampah,

Kantor Kementrian Agama (Kankemenag) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melakukan Talkshow “Lensa Sergai” dengan tema “’Keistimewaan Bulan Rajab”, di gelombang 92,5 Mhz Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (26/3).

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Islam Kemenag Sergai Sarwedi Gultom, S.Ag beserta jajarannya, dan sebagai narasumber Ustadz Abdul Kholiq Nst.

Dalam talkshow tersebut, Ustadz Abdul Kholiq kepada pendengar Radio Sergai FM menyampaikan, bulan Rajab berasal dari kata Tarjib, yang berarti terhormat. Meski kemuliaannya tidak lebih dari Ramadhan, bulan Rajab juga memberi kesempatan pada umat Muslim untuk melakukan penebusan dosa dan mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Selain itu, Rajab juga memiliki banyak keistimewaan, papar Ustadz Kholiq.

Lebih lanjut dikatakan  Ustadz Kholiq, bulan Rajab termasuk ke dalam empat bulan haram bersama dengan bulan Dzulhijjah, Dzulqa’dah dan Muharram. Bulan haram adalah saat-saat Allah mengharamkan kita menyakiti orang lain maupun diri sendiri. Kita juga dianjurkan menghindari segala perbuatan dosa karena perhitungannya di bulan ini akan dilipatgandakan, ungkapnya.

Ditambahkannya, salah satu keistimewaan di bulan ini, segala perbuatan akan dilipatgandakan pahalanya. Siapa saja yang berpuasa selama sehari, maka ia seakan-akan telah berpuasa selama satu bulan. Bulan Rajab juga merupakan Isra’ Mi’raj saat Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk melaksanakan sholat 5 waktu, jelasnya.

Selanjutnya dikatakan Ustadz Kholiq, bulan Rajab adalah “Bulannya Allah”. Di bulan ini pintu ampunan dibuka, ini adalah keistimewaan terbaik di antara lainnya. Rasulullah SAW bersabda: “Rajab itu bulannya Allah, Sya’ban bulanku, dan Ramadan bulannya umatku.” Para Ulama menafsirkan hadis tersebut sebagai Rajab bulan istigfar, Sya’ban bulan sholawat atas Nabi Muhammad, dan Ramadhan bulan Al-Qur’an, katanya.

Begitu banyak keistimewaan di bulan Rajab, maka hendaknya kita memperbanyak pengampunan kepada Allah SWT dan melakukan amal ibadah.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender