• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

PPID Kabupaten Sergai Ikuti Bimtek di Batam

diskominfo      0

PPID Kabupaten Sergai Ikuti Bimtek di Batam

Batam,

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) bersama PPID Pelaksana Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sergai mengikuti Bimbingan Teknis Penguatan Tugas dan Fungsi PPID yang di selenggarakan oleh Dirjen Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bekerjasama dengan Pemerintahan Kota Batam, bertempat di Aula Pemkot Batam Center, Kamis (15/3).

Yang mengikuti Bimtek dimaksud adalah Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik H. Zainal Abidin, S.Pd selaku PPID Utama Pemkab Sergai, Sekretaris Diskominfo Sergai Dra. Hj. Syahriati Lubis selaku PPID Pelaksana dan Kepala Seksi Kehumasan, Layanan Informasi dan Komunikasi Publik Nurlenti Br. Purba, S.Sos, M.Ikom.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dinas Kominfo dari 23 Kabupaten/Kota dan Pemprov di wilayah Sumatera. Dinas Kominfo Sergai merupakan salah satu dari 3 Kabupaten/Kota perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara selain Dinas Kominfo Kabupaten Pakpak Barat dan Kabupaten Humbang Hasundutan.

Bimtek dibuka langsung oleh Walikota Batam yang diwakili oleh Sekdako Batam Jefriddin. Kegiatan Bimtek yang berlangsung selama sehari penuh tersebut diisi oleh pemaparan materi tentang penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) dan Daftar Informasi Dikecualikan (DIK) dengan disertai simulasi. Dilanjutkan dengan pembahasan hasil monitoring dan evaluasi PPID tahun 2017, dimana masih banyak terdapat Kementerian/Lembaga/Pemda yang berada di zona merah. Kemudian membahas tentang pengelolaan arsip berupa aspek penyimpanan dan pendokumentasian sebagai informasi publik.

Tujuan diadakannya bimtek ini menurut Direktur IKP Kementerian Kominfo RI Siti Meiningsih adalah untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pengelolaan dan pelayanan informasi publik. Hal ini terjadi karena masih terdapat berbagai kendala di lapangan terhadap proses yang dilakukan PPID. Beberapa kasus yang terjadi di lapangan seperti sengketa informasi yang pada dasarnya dapat diminimalisir dengan adanya pemahaman para pelaksana PPID di seluruh Indonesia, jelasnya.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender