• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

“Diskominfo Sergai Hadiri Sosialisasi Evaluasi SPBE di Jakarta”

diskominfo      0

“Diskominfo Sergai Hadiri Sosialisasi Evaluasi SPBE di Jakarta”

Jakarta,

Dalam rangka pelaksanaan program reformasi birokrasi di bidang penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-Government, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengadakan kegiatan Sosialisasi Evaluasi SPBE yang mengikutsertakan seluruh Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah. Hadir pada acara dimasksud, Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sergai (Diskominfo Sergai) Mhd. Fadhil Isa, S.STP bersama denga Kepala Seksi Infrastruktur dan Teknologi Sudiyono, S.Kom, bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta Pusat, Senin (19/3).

Mengawali acara, Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana PANRB Rini Widyantini, SH, MPM memberikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan. Sosialisasi Kegiatan Evaluasi SPBE akan dilaksanakan dalam 5 kelompok (gelombang) dimana setiap kelompok terdiri atas 128 Instansi Pemerintahan Pusat dan Daerah, ujarnya.

Saat memberikan kata sambutan, Rini mengatakan “Evaluasi ini bertujuan meningkatkan kinerja Pemerintah yang efektif, efisien, trasparan dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dimana Evaluasi dilakukan untuk memperoleh nilai indeks SPBE yang menggambarkan tingkat kematangan (maturity level) dari pelaksanaan SPBE di setiap Instansi”.

Kegiatan ini dilaksanakan melalui beberapa tahap, pertama sosialisasi yang dimulai pada 19 Maret 2018 ini, selanjutnya disusul dengan tahapan evaluasi mandiri, wawancara, observasi lapangan di Instansi Pemerintah hingga tahap terakhir adalah penilaian.

Kegiatan dimulai dengan pembagian kelompok per kelas. Kemudian dilanjutkan dengan Gambaran Umum Agenda Evaluasi SPBE dan Instrumen serta Indikator Evaluasi SPBE. Ruang lingkup penyelenggaraan evaluasi SPBE mencakup 3 hal, yaitu domain kebijakan internal, tata kelola dan layanan SPBE, dan masing-masing memiliki indikator penilaian yang berbeda jumlahnya.

Selain menghadiri kegiatan tersebut, perwakilan Diskominfo Sergai juga melakukan konsultasi dan koordinasi dengan Pemerintah Kota Bandung guna membangun kerjasama melalui Aplikasi e-SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi).

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender