• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

“Talkshow Lensa Sergai” Dinas Perkim Sergai Bangun Instalasi IPA di Desa Belidaan

diskominfo      0

“Talkshow Lensa Sergai” Dinas Perkim Sergai Bangun Instalasi IPA di Desa Belidaan

Sei Rampah,

Talkshow “Lensa Sergai” yang dijadwalkan mengudara setiap hari Senin-Jumat jam 10.00 – 11.00 WIB melalui gelombang 92,5 Mhz Radio Sergai FM, hari ini mengundang Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Serdang Bedagai (Disperkim Sergai), dan sebagai narasumber adalah Kepala Dinas (Kadis) Perkim Sergai H. Dasril, S.Km, M.Kes, bertempat di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (15/3).

Kadis Perkim Sergai H. Dasril, S.Km, M.Kes mengawali talkshow dengan menjelaskan proses berdirinya Disperkim Sergai pada tahun 2017, yang sebelumnya bernama Dinas Tata Ruang, Permukiman, Kebersihan dan Pertamanan (Tarukim) yang beralamat kantor di Jl. Negara Desa Suka Damai Kecamatan Sei Bamban.

Kadis Perkim Sergai  mengatakan, layanan air bersih untuk masyarakat Kabupaten Sergai terus dikembangkan di setiap tahunnya. Ini diperuntukan bagi sebagian masyarakat yang rumahnya memang belum tersalurkan air bersih, khususnya masyarakat berekonomi rendah.

Diungkapkan Kadis Perkim, pada tahun 2016 Disperkim Sergai mendapatkan bantuan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk pembangunan intake sebagai konstruksi yang berguna untuk mengambil air dari sumber air dari Sungai Belutu Kecamatan Dolok Masihul. Dari intake yang sudah dibangun itu dilanjutkan dengan membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA), jelasnya.

“IPA ini yang bertujuan untuk pengolahan air baku menjadi air minum. Lokasi pembangunan IPA tersebut berada di Desa Balida Kecamatan Sei Rampah dan diperuntukan melayani kebutuhan air bersih warga untuk wilayah Kecamtan Sei Rampah, dimana IPA tersebut berkapasitas menyalurkan air bersih ke 4.000 sambungan rumah (SR)”, ungkap Dasril.

Ditambahkan Dasril, menjawab pertanyaan masyarakat saat dialog interaktif, perihal permohonan pembangunan rumah tidak layak huni. Pada tahun 2018 alokasi untuk pembangunan tidak layak huni meningkat menjadi 142 unit dari tahun lalu hanya 82 unit, dan penyaluran bantuannya diprioritaskan untuk wilayah desa terluar dan perbatasan, seperti desa Tanjung Beringin Pekan, Desa Nagur yang berada di Kecamatan Tanjung Beringin, dengan terlebih dahulu melalui beberapa mekanisme permohonan kepada Pemkab Sergai mulai dari Desa, Kecamatan, Dinas Sosial, Dinas PUPR hingga Disperkim Sergai, ujarnya.

 

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender