• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

“Talkshow Lensa Sergai” Dinas PMD Sergai : Tingkatkan Ekonomi Desa Melalui BUM Desa

diskominfo      0

“Talkshow Lensa Sergai” Dinas PMD Sergai : Tingkatkan Ekonomi Desa Melalui BUM Desa

Sei Rampah,

Talkshow pembangunan bertajuk “Lensa Sergai” yang dikoordinir oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang Bedagai (Diskominfo Sergai) telah mengudang banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun lembaga vertical lainnya di Pemkab Sergai. Hari ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Sergai berkesempatan melakukan live talkshow di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (14/3).

Talkshow ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas PMD Sergai Drs. Dimas Kurnianto, SH, turut mendampingi Kabid Pemerintahan Desa Romian Parulian Siagian, S.STP, Kabid Usaha Ekonomi Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan Samsul Sijabat, SE, MM dan Kabid Kelembagaan, Sosial, Dasar dan Pemberdayaan Masyarakat Lamhot Naibaho, S.Sos.

Mengawali talkshow, Kadis PMD Sergai memaparkan tentang visi misi serta tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing-masing bidang yang dilaksanakan oleh Dinas PMD Sergai.

Dikatakan Kadis PMD Sergai, bahwa Kabupaten Sergai saat ini telah memiliki 98 Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa). BUM Desa ini diharapkan akan menjadi kekuatan ekonomi baru di wilayah perdesaan.

Lebih lanjut dikatakan Dimas, UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa memberikan payung hukum atas BUM Desa sebagai pelaku ekonomi yang mengelola potensi desa untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa. Dimana BUM Desa sebagai wadah usaha desa antara pemerintah desa dan masyarakat untuk mengembangkan aset-aset desa guna meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan desa, ungkap Dimas.

Sedangkan Kabid Usaha Ekonomi Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan Samsul Sijabat, SE, MM menyampaikan, bahwa saat ini ada 4 BUM Desa Bersama, dimana potensi desa yang sejenis dikelola oleh beberapa desa, dan beberapa BUM Desa yang telah ada saat ini telah memiliki Pendapatan Asli Desa (P A Des) sendiri, ujarnya.

Sesuai dengan harapan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman untuk tercapainya one village one product, Kadis PMD Sergai menghimbau masyarakat Kabupaten Sergai yang ada di desa, secara bersama-sama untuk dapat memanfaatkan dana desa melalui program-program yang tersedia guna mengembangkan potensi-potensi desa agar tercapainya masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera di sektor ekonomi. “Pulau berhala penuh pesona, putih pasirnya biru lautnya, dana desa untuk warga desa, bangunlah desa biar berdaya”, pantun Kadis PMD Sergai mengakhiri talkshow Lensa Sergai hari ini.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender