• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

“Live Talkshow” bersama Kemenag Sergai : Keutamaan Membaca Al-Quran

diskominfo      0

“Live Talkshow” bersama Kemenag Sergai : Keutamaan Membaca Al-Quran

Sei Rampah,

Sebagai bentuk pelayanan masyarakat yang memberikan siaran rohani guna meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang merupakan tujuan hidup seluruh umat. Sebagai narasumber, “Lensa Sergai” setiap hari Senin mengundang Kementrian Agama Kabupaten Serdang Bedagai (Kemenag Sergai).

Turut hadir, Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Islam Kemenag Sergai Sarwedi Gultom, S.Ag dan Ustadz Kholil. Hari ini mengambil tema talkshow adalah “Keutamaan Membaca Al-Quran”, bertempat di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (5/3).

Mengawali talkshow, Ustadz Kholil mengatakan, bahwa membaca Al Quran merupakan salah satu yang sangat dianjurkan Allah SWT dan Rasulullah SAW. Sebagian orang merasa tidak punya waktu untuk membaca Al Quran, padahal di dalamnya terdapat pahala yang besar dan banyak mendatangkan kebaikan.

Kemudian Ustadz Kholil membacakan sebuah ayat Al Quran yang artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Lebih lanjut, Ustadz Kholil menyampaikan, bahwa membaca Al Quran adalah perdagangan yang tidak pernah merugi. Maksudnya, dengan menbaca Al Quran pertama satu hurufnya diganjar dengan 1 kebaikan dan dilipatkan menjadi 10 kebaikan, kedua kebaikan akan menghapuskan kesalahan, ketiga setiap kali bertambah kuantitas bacaan, bertambah pula ganjaran pahala dari Allah dan keempat membaca Al Quran akan bertambah agung dan mulia jika terjadi di dalam shalat, kata Ustadz Kholil.

Saat talkshow berlangsung, Ustadz Kholil juga memjawab beberapa pertanyaan masyarakat yang bertanya via telepon ke Radio Sergai FM, yaitu dalam proses membaca AL Quran dengan kondisi masih belajar, dan terjadi kesalahan saat membacanya, maka tidak ada dosa terhadapnya, tetapi untuk lebih meyempurnakan bacaan, baik tartil dan tajwidnya, maka sangat dianjurkan untuk kita belajar membaca Al Qran lebih baik lagi kedepannya.

Kemudian adapun adab- adab dalam membaca Al Quran haruslah dengan kondisi yang suci dan bersih (berwudhu), menghadap ke Kiblat, menutup aurat (berpakaian yang sopan), diawali dengan membaca Basmallah, agar kita mendapat keberkahan dan ramat dari Allah SWT dalam membacanya, jelas Ustadz Kholil sebelum mengakhiri tausiah pada talkshow “Lensa Sergai” hari ini.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender