• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

“Talkshow Lensa Sergai” Kejari Sergai Bicara Soal KDRT

diskominfo      0

“Talkshow Lensa Sergai” Kejari Sergai Bicara Soal KDRT

Sei Rampah,

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) telah 2 (dua) kali berkesempatan menjadi narasumber dalam talkshow “Lensa Sergai” selama bulan Februari 2018. Dengan didampingi oleh Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Adi Chandra dan Kasi Tindak Pidana Umum (TPU) Afrizal Chair, bertindak sebagai narasumber para jaksa fungsional Juwita, SH dan kedua rekannya Okta, SH dan Messayas, SH saat melakukan Talkshow “Lensa Sergai” di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (21/2).

Kasi Tindak Pidana Umum Kejari Sergai Afrizal Chair menjelaskan, sesuai dengan Undang-Undang (UU) Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) No. 23 Tahun 2004, tujuannya yaitu mencegah segala bentuk kekerasan, melindungi korban kekerasan, menindak pelaku kekerasan dan juga memelihara keutuhan rumah tangga, jelas Afrizal

Sementara itu, jaksa fungsional Kejari Sergai Juwita, SH mengatakan di dalam UU No.23 Tahun 2004 tentang KDRT mengatur 4 (empat) hal, yaitu kekerasan fisik, psikis, seksual dan penelantaran. Dimana yang menjadi ruang lingkup dalam KDRT ini bisa istri, anak dan suami, ketiga hal ini dapat bertindak menjadi pelaku maupun sebagai korban dalam KDRT, ungkap Juwita.

Lebih lanjut Juwita mengatakan, Kabupaten Sergai memiliki sedikit kasus KDRT dibandingkan dengan kasus-kasus pidana lainnya. Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya keberanian masyarakat untuk melaporkan kasusnya ke pihak yang berwajib atau dikarenakan kurangnya informasi yang sampai ke masyarakat tentang masalah KDRT. “Dari Kejari Sergai sendiri, telah ada beberapa program yang mengikutsertakan Kepolisian dan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemkab Sergai untuk penyuluhan dan penerangan hukum kepada masyarakat yang dilakukan secara rutin setiap bulannya”, papar Juwita.

Sebelum mengakhiri talkshownya, Kasi TPU Kejari Sergai Afrizal Chair menyampaikan kepada masyarakat Sergai maupun seluruh pendengar siaran Radio Sergai FM, bahwa “jangan takut untuk melaporkan kepada pihak berwajib, jika mengalami tindakan KDRT atau mengetahui adanya KDRT dilingkungan sekitar kita, guna menegakkan hukum yang baik di lingkungan kita, dan juga memperbaiki pola pikir manusia untuk tidak lagi melakukan tindakan KDRT terhadap siapapun”, ungkap Afrizal Chair.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender