• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Talkshow Lensa Sergai Disdukcapil Gunakan Inovasi “Pejam Mata” dan “Yanling”

diskominfo      0

Talkshow Lensa Sergai Disdukcapil Gunakan Inovasi “Pejam Mata” dan “Yanling”

Sei Rampah,

Talkshow “Lensa Sergai” yang dijadwalkan mengudara selama 1 (satu) jam setiap harinya melalui gelombang 92,5 Mhz Radio Sergai FM, hari ini mengundang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Serdang Bedagai (Disdukcapil Sergai) sebagai narasumber di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (20/2).

Dengan dihadiri langsung oleh Kepala Disdukcapil Sergai Fitriadi S.Sos, M.Si beserta jajaranya, menyapa masyarakat dan pendengar siaran Talkshow “Lensa Sergai” dengan hangat dan bersemangat. “Disdukcapil merupakan OPD yang terkait erat dengan pelayanan publik. Setiap harinya banyak masyarakat Sergai yang datang untuk mengurus  dokumen kependudukan seperti, KK (Kartu Keluarga), KTP-El (Kartu Tanda Penduduk Elektronik), Akta-Akta Pencatatan Sipil berupa Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Kematian dan dokumen lainya”, papar Kepala Disdukcapil Sergai Fitriadi, S.Sos, M.Si saat mengawali talkshownya.

Lebih lanjut Fitriadi menjelaskan bahwa saat ini Disdukcapil telah menggunakan inovasi yang diberi nama “Pejam Mata” dan “Yanling”. Inovasi ini merupakan suatu bentuk komitmen dalam upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan administrasi kependudukan di Sergai agar berjalan secara optimal. “Pejam Mata” merupakan singkatan dari Pelayanan 1 Jam Mantap Tanpa Pungutan Apa-Apa. Sedangkan “Yanling” merupakan pelayanan keliling ke desa-desa yang telah di tentukan selama periode waktu yang telah di tetapkan, jelas Fitriadi.

Fitriadi menambahkan, produk layanan inovasi “Pejam Mata” dan “Yanling” mencakup seluruh penerbitan dokumen kependudukan, baik KK, KTP-EL, SKP (Surat Keterangan Pindah), Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Kematian serta legalisir dokumen kependudukan.

Beberapa kendala dalam pemanfaatan pelayanan inovasi “Pejam Mata” dan “Yanling” masih kerap terjadi, baik dari segi SDM, waktu, biaya maupun Jaringan Komunikasi Data yang tidak stabil. Akan tetapi, Disdukcapil tetap berupaya mengatasinya, sebagai komitmen dalam mewujudkan visi Kabupaten Serdang Bedagai yaitu “MARI KITA WUJUDKAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI MENJADI KABUPATEN YANG UNGGUL, INOVATIF, DAN BERKELANJUTAN. Hal ini menjadi penyemangat bagi jajaran Disdukcapil Sergai untuk selalu memberikan pelayanan yang unggul, terus berinovasi memperbaiki kualitas pelayanan serta melanjutkannya untuk masa yang akan datang, ungkap Fitriadi sebelum mengakhiri talkshownya.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender