• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Talkshow Lensa Sergai “Disnakerkop & UM CIiptakan Ukm Aksesoris dan Garam di Sergai Tahun 2018 “

diskominfo      0

Talkshow Lensa Sergai “Disnakerkop & UM CIiptakan Ukm Aksesoris dan Garam di Sergai Tahun 2018 “

Sei Rampah, Talkshow “Lensa Sergai” telah satu minggu mengudara di gelombang 92,5 Mhz Radio Sergai FM. Talkshow yang dikoordinir oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang Bedagai (Diskominfo Sergai) sebagai suatu program siaran pembangunan di tahun 2018, yang menjadwalkan seluruh OPD di Pemkab Sergai untuk turut serta dalam menginformasikan melalui siaran Talkshow ini, tentang program-program kegiatan masing-masing OPD hingga bentuk pelayanan kepada masyarakat yang termasuk tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) OPD tersebut.

Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Serdang Bedagai (Disnakerkop & UM Sergai) menjadi OPD ke-7 yang melakukan Talkshow “Lensa Sergai”. Disnakerkop & UM  Sergai merupakan nomenklatur baru yang sebelumnya adalah Dinas Sosial, Tenagakerja dan Koperasi. Dengan mengusung visi “Menjadikan Kabupaten Serdang Bedagai Penghasil Cenderamata Terbaik di Sumatera Utara Tahun 2021”, Kepala Disnakerkop & UM  Sergai Aguslan Simanjuntak, SE membuka talkshow “Lensa Sergai” di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (14/2).

Kepala Disnakerkop & UM  Sergai Aguslan Simanjuntak, SE mengawali talkshow dengan menjelaskan visi dan misi Disnakerkop & UM  Sergai dan program-program kegiatan yang akan dilakukan tahun 2018. Turut mendampingi Sekretaris Abdul Haris, S.Sos, M.AP, Kepala Bidang Pembinaan, Pelatihan & Produktivitas, Penempatan & Perluasan Kesempatan Kerja Lasmaria Sitorus, SE, para Kepala Seksi dan staf Disnakerkop & UM  Sergai.

Melihat masih tingginya angka pengangguran di Sergai sebesar 7,2 % pada tahun 2017, Disnakerkop & UM  Sergai terus berupaya mengurangi angka pengangguran ini dengan menciptakan  beberapa lapangan kerja baru dalam bentuk Usaha Kecil Menengah (UKM)  sebagai bentuk kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat Sergai, pungkas Kepala Disnakerkop & UM  Sergai.

Salah satu  UKM yang dibentuk tahun 2018 adalah UKM Aksesoris. Dihitung dari banyaknya permintaan terhadap aksesoris, khususnya aksesoris pernikahan setiap tahunnya di Kabupaten Sergai, Disnakerkop & UM  Sergai memberikan pelatihan berupa pembuatan aksesoris di beberapa Desa di Kabupaten Sergai, dengan tujuan agar permintaan akan aksesoris ini kedepannya tidak dilakukan dari luar Kabupaten sehingga akan mampu menambah pendapatan daerah dan pada akhirnya dapat mengurangi angka pengangguran di Sergai, ungkap Aguslan.

Lebih lanjut Kepala Disnakerkop & UM  Sergai juga mengatakan, pada bulan Maret 2018 akan di launching tempat Produksi Garam “Bersaudara” dengan merk “Matahari” yang merupakan hasil binaan UKM Disnakerkop & UM  Sergai. “Selama ini masyarakat Sergai masih membeli kebutuhan garam dari luar Kabupaten, dan tahun ini telah ada produksi garam Sergai di 3 tempat yaitu di Desa Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu, Kecamatan Sei Rampah dan Kecamatan Perbaungan. Garam yang kita produksi telah lulus uji laboratorium dan memenuhi standar iyodium yang di tetapkan pemerintah, sehingga masyarakat Sergai tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya”, ujar Aguslan.

Ditambahkan oleh Kepala Bidang Pembinaan, Pelatihan & Produktivitas, Penempatan & Perluasan Kesempatan Kerja Lasmaria Sitorus, SE bahwa Disnakerkop & UM  Sergai ditahun sebelumnya telah melaksanakan kegiatan pelatihan bagi pencari kerja dalam rangka peningkatan SDM dan penumbuhan jiwa wirausaha baru seperti pelatihan keterampilan elektronik, pelatihan keterampilan keramik dan pelatihan keterampilan pijat refleksi. Dimasksudkan setelah dilakukannya pelatihan, para pencari kerja ini dapat menciptakan lapangan kerjanya sendiri ataupun dapat memasarkan hasil kerajinannya di beberapa “Galery UKM Sergai” yang ada saat ini yaitu di Pantai Pondok Permai, Pondok Bali Lestari dan Pantai Theme Park, ungkap Lasmaria.

Sebelum mengakhiri talkshownya, Kepala Disnakerkop & UM  Sergai menginformasikan untuk para pelaku usaha mikro yang telah memiliki usaha, wajib memiliki surat izin usaha, yang dapat dilakukan pengurusannya melalui Kantor Kecamatan dan tanpa dipungut biaya atau “gratis”. Dan untuk yang ingin mendapatkan informasi dan mendaftarkan diri menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri, dapat datang ke Kantor Disnakerkop & UM  Sergai yang beralamat di Jl. Negara Km. 57. Desa Firdaus Kompleks Bumi Sergai Kecamatan Sei Rampah, papar Aguslan.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender