• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Talkshow Lensa Sergai “Kepala BAPENDA Gagas Sistem Pembayaran Pajak Online“

diskominfo      0

Talkshow Lensa Sergai “Kepala BAPENDA Gagas Sistem Pembayaran Pajak Online“

Sei Rampah, e-Pajak adalah suatu system aplikasi yang dibangun berbasis web yang dikembangkan sebagai sarana wajib pajak untuk mendaftarkan, membayar dan melaporkan kewajiban pajak daerahnya secara online serta dapat diakses dimana saja. Aplikasi ini terkoneksi secara real time dengan Sistem Informasi Pajak Asli Daerah (SIMPAD) yang sudah berjalan di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Serdang Bedagai (Bapenda Sergai), papar Kepala Bapenda Sergai M.Zuhri Lubis, SE, M.AP pada saat Talkshow “Lensa Sergai” di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (13/2).

Turut mendampingi Kepala Bapenda Sergai, Sekretaris H. Husnul Fatta, SH, S.IP, Kepala Bidang (Kabid) Pendaftaran, Pendataan dan Penatapan Aulia Adi Saputra, S.Kom, M.Si, Kabid Pembukuan dan Pelaporan Maratua, SH, Kabid Penagihan, Keberatan dan Pengembangan Torangto Situmorang, ST.

Mengawali talkshow, Kepala Bapenda Sergai M.Zuhri Lubis, SE, M.AP menjelaskan tentang Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) masing-masing bidang yang dilaksanakan oleh Bapenda Sergai serta program kegiatan yang akan dilakukan selama tahun 2018.

Lebih lanjut Kepala Bapenda memaparkan tentang target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sergai yang ingin dicapai pada Tahun 2018 melalui 3 sektor yaitu pertama pajak daerah, kedua hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan ketigalain-lain PAD yang sah, dan dijelaskan juga realisasi PAD yang telah diperoleh tahun 2017 lalu.

“Guna tercapainya target realisasi pajak daerah Tahun Anggaran 2018 ini, Bapenda Sergai mengoptimalkan seluruh aspek layanan, salah satunya dengan menciptakan aplikasi pajak secara online”, ungkap Kepala Bapenda.

Saat ini di Bapenda Sergai telah ada 4 aplikasi pajak secara online yaitu ke-1Go-Jak (Go-Pajak) merupakan sebuah aplikasi untuk penyampaian pelaporan pajak secara online dan real time, ke-2Go-Sip (Go-Sistem Informasi Pajak) yang bertujuan untuk melakukan pembayaran, pelunasan dan penunggakan PBB, kemudian ke-3 Go-MAMI merupakan Layanan Online Pajak Makan dan Minum dan ke-4 Sistem Informasi Pajak Asli Daerah (SIMPAD) yang sudah berjalan sebelumnya. Kedepannya wajib pajak akan lebih mudah melakukan pembayaran dan pelaporan pajak secara komprehensif terkoneksi. Artinya mulai laporan harian penerimaan sampai dengan pembayaran sudah terhubung secara online. Hal ini lebih menjadikan pelaporan penerimaan wajib pajak lebih real dan transparan, papar Kepala Bapenda.

Sementara Kabid Pembukuan dan Pelaporan Maratua, SH di sela-sela talkshow mengatakan untuk pencapaian target realisasi pajak daerah tahun 2018 ada beberapa permasalahan yang harus dihadapi salah satunya adalah meningkatnya kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak daerah dimana tahun 2017 lalu kesadaran wajib pajak dalam membayar pajak belum cukup baik yaitu sebesar 61,50%, selain itu banyaknya alat peraga reklame yang tidak bernilai ekonomis tetapi letaknya dilokasi strategis sehingga menghalangi orang/badan usaha yang akan mengiklankan produknya seperti reklame Calon Kepala Daerah, Ormas dan OKP, termasuk masih minimnya tingkat hunian hotel di kawasan wisata, sehingga penerimaan pajak hotel belum maksimal, ungkap Maratua.

Kemudian Bapenda Sergai juga akan tetap mengoptimalkan penggunaan mobil pelayanan keliling pembayaran PBB guna mempercepat pelunasan pembayaran dari wajib pajak. Mobil tersebut akan melakukan jemput bola keliling dari satu desa dan kelurahan ke tempat lainnya secara bergantian di Kabupaten Sergai. “Dengan cara tersebut dianggap efektif sebab banyak wajib pajak yang langsung melakukan pembayaran sehingga dapat mewujudkan visi misi Bapenda Sergai yaitu melaksanakan pelayanan prima dalam pengelolaan pendapatan daerah yang transparan, akun tabel dan amanah”, ujar Kepala Bapenda Sergai.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender